Penyebab Umum Kegagalan Sistem Informasi dan Peran Pemimpin dalam E-Government
Definisi Sistem Informasi
Sistem Informasi
(SI) [1]
adalah kombinasi dari teknologi informasi
dan aktivitas orang yang menggunakan teknologi itu untuk mendukung operasi dan
manajemen.[2]
Dalam arti yang sangat luas, istilah sistem informasi yang sering digunakan
merujuk kepada interaksi antara orang, proses algoritmik, data, dan teknologi.
Dalam pengertian ini, istilah ini digunakan untuk merujuk tidak hanya pada
penggunaan organisasi teknologi informasi dan
komunikasi (TIK), tetapi juga untuk cara di mana orang
berinteraksi dengan teknologi ini dalam mendukung proses bisnis
Konsep Dasar Sistem Informasi
Sistem informasi adalah suatu sistem dalam suatu organisasi yang mempertemukan
kebutuhan pengolahan transaksi harian yang mendukung fungsi operasi organisasi
yang bersifat manajerial dengan kegiatan strategi dari suatu organisasi untuk
dapat menyediakan kepada pihak luar tertentu dengan informasi yang diperlukan
untuk pengambilan keputusan. Sistem informasi dalam suatu organisasi dapat
dikatakan sebagai suatu sistem yang menyediakan informasi bagi semua tingkatan
dalam organisasi tersebut kapan saja diperlukan. Sistem ini menyimpan,
mengambil, mengubah, mengolah dan mengkomunikasikan informasi yang diterima
dengan menggunakan sistem informasi atau peralatan sistem lainnya
Komponen-komponen
dalam SI
Sistem informasi terdiri dari komponen-komponen yang disebut blok bangunan (building blok), yang terdiri dari komponen input, komponen model, komponen output, komponen teknologi, komponen hardware, komponen software, komponen basis data, komponen kontrol, dan komponen jaringan. Semua komponen tersebut saling berinteraksi satu dengan yang lain membentuk suatu kesatuan untuk mencapai sasaran.
1) Komponen input
Input mewakili data yang masuk kedalam sistem informasi. Input disini termasuk metode dan media untuk menangkap data yang akan dimasukkan, yang dapat berupa dokumendokumen dasar.
2) Komponen model
Komponen ini terdiri dari kombinasi prosedur, logika, dan model matematik yang akan memanipulasi data input dan data yang tersimpan di basis data dengan cara yag sudah ditentukan untuk menghasilkan keluaran yang diinginkan.
3) Komponen output
Hasil dari sistem informasi adalah keluaran yang merupakan informasi yang berkualitas dan dokumentasi yang berguna untuk semua pemakai sistem.
4) Komponen teknologi
Teknologi merupakan “tool box” dalam sistem informasi, Teknologi digunakan untuk menerima input, menjalankan model, menyimpan dan mengakses data, neghasilkan dan mengirimkan keluaran, dan membantu pengendalian dari sistem secara keseluruhan.
5) Komponen hardware
Hardware berperan penting sebagai suatu media penyimpanan vital bagi sistem informasi.Yang berfungsi sebagai tempat untuk menampung database atau lebih mudah dikatakan sebagai sumber data dan informasi untuk memperlancar dan mempermudah kerja dari sistem informasi.
6) Komponen software
Software berfungsi sebagai tempat untuk mengolah,menghitung dan memanipulasi data yang diambil dari hardware untuk menciptakan suatu informasi.
7) Komponen basis data
Basis data (database) merupakan kumpulan data yang saling berkaitan dan berhubungan satu dengan yang lain, tersimpan di pernagkat keras komputer dan menggunakan perangkat lunak untuk memanipulasinya. Data perlu disimpan dalam basis data untuk keperluan penyediaan informasi lebih lanjut. Data di dalam basis data perlu diorganisasikan sedemikian rupa supaya informasi yang dihasilkan berkualitas. Organisasi basis data yang baik juga berguna untuk efisiensi kapasitas penyimpanannya. Basis data diakses atau dimanipulasi menggunakan perangkat lunak paket yang disebut DBMS (Database Management System).
8) Komponen kontrol
Banyak hal yang dapat merusak sistem informasi, seperti bencana alam, api, te,peratur, air, debu, kecurangan-kecurangan, kegagalan-kegagalan sistem itu sendiri, ketidak efisienan, sabotase dan lain sebagainya. Beberapa pengendalian perlu dirancang dan diterapkan untuk meyakinkan bahwa halhal
yang dapat merusak sistem dapat dicegah ataupun bila terlanjur terjadi kesalahan-kesalahan dapat langsung cepat diatasi.
9) Komponen Jaringan
Untuk menghubungkan komputer-komputer perangkat keras dalam sebuah kesatuan diperlukan media untuk menghubungi antara hardware dan software sistem informasi yang digunakan di suatu perusahaan. Komponen jaringan terdiri dari hardware dan software jaringan. Hardware komponen jaringan berupa kartu penghubung jaringan (Network Interface Card), media penghubung jaringan, HUB (konsentrator), repeater, bridge, dan router. Komponen software jaringan berupa sistem operasi jaringan, network adapter drive, dan protokol jaringan.
Sistem informasi terdiri dari komponen-komponen yang disebut blok bangunan (building blok), yang terdiri dari komponen input, komponen model, komponen output, komponen teknologi, komponen hardware, komponen software, komponen basis data, komponen kontrol, dan komponen jaringan. Semua komponen tersebut saling berinteraksi satu dengan yang lain membentuk suatu kesatuan untuk mencapai sasaran.
1) Komponen input
Input mewakili data yang masuk kedalam sistem informasi. Input disini termasuk metode dan media untuk menangkap data yang akan dimasukkan, yang dapat berupa dokumendokumen dasar.
2) Komponen model
Komponen ini terdiri dari kombinasi prosedur, logika, dan model matematik yang akan memanipulasi data input dan data yang tersimpan di basis data dengan cara yag sudah ditentukan untuk menghasilkan keluaran yang diinginkan.
3) Komponen output
Hasil dari sistem informasi adalah keluaran yang merupakan informasi yang berkualitas dan dokumentasi yang berguna untuk semua pemakai sistem.
4) Komponen teknologi
Teknologi merupakan “tool box” dalam sistem informasi, Teknologi digunakan untuk menerima input, menjalankan model, menyimpan dan mengakses data, neghasilkan dan mengirimkan keluaran, dan membantu pengendalian dari sistem secara keseluruhan.
5) Komponen hardware
Hardware berperan penting sebagai suatu media penyimpanan vital bagi sistem informasi.Yang berfungsi sebagai tempat untuk menampung database atau lebih mudah dikatakan sebagai sumber data dan informasi untuk memperlancar dan mempermudah kerja dari sistem informasi.
6) Komponen software
Software berfungsi sebagai tempat untuk mengolah,menghitung dan memanipulasi data yang diambil dari hardware untuk menciptakan suatu informasi.
7) Komponen basis data
Basis data (database) merupakan kumpulan data yang saling berkaitan dan berhubungan satu dengan yang lain, tersimpan di pernagkat keras komputer dan menggunakan perangkat lunak untuk memanipulasinya. Data perlu disimpan dalam basis data untuk keperluan penyediaan informasi lebih lanjut. Data di dalam basis data perlu diorganisasikan sedemikian rupa supaya informasi yang dihasilkan berkualitas. Organisasi basis data yang baik juga berguna untuk efisiensi kapasitas penyimpanannya. Basis data diakses atau dimanipulasi menggunakan perangkat lunak paket yang disebut DBMS (Database Management System).
8) Komponen kontrol
Banyak hal yang dapat merusak sistem informasi, seperti bencana alam, api, te,peratur, air, debu, kecurangan-kecurangan, kegagalan-kegagalan sistem itu sendiri, ketidak efisienan, sabotase dan lain sebagainya. Beberapa pengendalian perlu dirancang dan diterapkan untuk meyakinkan bahwa halhal
yang dapat merusak sistem dapat dicegah ataupun bila terlanjur terjadi kesalahan-kesalahan dapat langsung cepat diatasi.
9) Komponen Jaringan
Untuk menghubungkan komputer-komputer perangkat keras dalam sebuah kesatuan diperlukan media untuk menghubungi antara hardware dan software sistem informasi yang digunakan di suatu perusahaan. Komponen jaringan terdiri dari hardware dan software jaringan. Hardware komponen jaringan berupa kartu penghubung jaringan (Network Interface Card), media penghubung jaringan, HUB (konsentrator), repeater, bridge, dan router. Komponen software jaringan berupa sistem operasi jaringan, network adapter drive, dan protokol jaringan.
KATEGORISASI KEGAGALAN SISTEM
INFORMASI
Secara umum, penilaian kinerja
sistem informasi berfokus pada pertimbangan dari keberhasilan dan kegagalan
sistem informasi. Masalah kegagalan sistem informasi dapat dianalisis dengan
mengasumsikan bahwa belajar dari kegagalan sistem informasi akan memberikan
pelajaran penting untuk merumuskan strategi sukses bagi perencanaan,
pengembangan, pelaksanaan, dan pengelolaan sistem informasi. Enam jenis
kegagalan sistem informasi dapat diidentifikasi sebagai berikut :
- Kegagalan Teknis
- Kegagalan Proyek
- Kegagalan Organisasi
- Kegagalan Lingkungan
- Kegagalan Pembangunan
- Kegagalan Penggunaan
Tingkat keberhasilan maupun
kegagalan sistem informasi dapat dikategorikan menjadi 3 tingkat tergantung
kepada tingkat keberhasilannya, yaitu :
- Pertama adalah kegagalan total inisiatif, tidak pernah dilaksanakan atau di mana sistem baru diterapkan tetapi segera ditinggalkan.
- Kedua adalah kegagalan parsial dari inisiatif, di mana tujuan utama tidak tercapai atau di mana terdapat hasil yang tidak diinginkan yang signifikan. Terkait dengan kegagalan parsial adalah kegagalan keberlanjutan mana inisiatif pertama berhasil tetapi kemudian ditinggalkan setelah satu tahun atau lebih.
- Ketiga adalah keberhasilan dari inisiatif di mana sebagian besar pemangku kepentingan mencapai tujuan utama mereka dan tidak mengalami hasil yang tidak diinginkan.
Berdasarkan
analisis faktor-faktor kesuksesan dan kegagalan sistem informasi, terdapat
beberapa tahapan implementasi yang dilakukan dalam proyek sistem informasi
yaitu: investigasi awal, analisis sistem, desain sistem, mengembangkan sistem,
implementasi sistem, dan memelihara sistem. Faktor kesuksesan sistem informasi
menurut laudon dan Mclean (1992) terdapat 5 variabel dalam mengukurnya. Adapun
variabel-variabel tersebut adalah :
- Tingkat penggunaan yang tinggi (high level of system use)
- Kepuasan pengguna terhadap sistem (user satisfaction on system)
- Sikap yang positif (Favorab;e attitude)
- Tercapauinya tujuan sistem informasi (achieved objectives)
- Imbal balik keuangan (financial payoff)
Faktor-faktor yang mempengaruhi
kesuksesan sistem informasi yaitu :
- Kualitas sistem
- Kualitas informasi
- Intensitas Penggunaan Sistem Informasi
- User Satisfaction
- Individual Impact
Sementara
faktor-faktor kegagalan dalam sistem informasi tidak lain adalah
masalah-masalah yang harus diperhatikan dalam setiap tahapan pengembangan sistem
informasi ketika proses implementasi dilakukan secara tidak sempurna
yaitu pada tahapan Analisis, tahapan desain, tahapan pemrograman, tahapan
pengujian dan tahapan konvensi. Beberapa penyebab kegagalan dalam penerapan
sistem informasi yaitu :
- Rendahnya komitmen manajemen dan kesiapan sebelum implementasi
- kegagalan pelaksanaan proyek
- Overbudget
- Molornya waktu pelaksaaan
- Kualitas proyek yang tidak sesuai harapan
- Dan Resistensi dalam implementasi
Peran Pemimpin dalam E-Government
1.
Dukungan/Support
Elemen
pertama dan paling krusial yang harus dimiliki oleh pemerintah adalah keinginan
(intent) dari berbagai kalangan pejabat publik dan politik untuk benar-benar
menerapkan konsep e-government, bukan hanya sekedar mengikuti trend. Tanpa
adanya unsur “political will” dari pemerintah, berbagai inisiatif pembangunan
dan pengembangan e-government akan sulit berjalan.
Kata support adalah
dukungan. Hal terpenting dalam hal dukungan adalah dukungan unsur pimpinan.
Pimpinan harus memiliki political will (keinginan politis)untuk
mengembangkan e-government, karena hal ini akan menyangkut seluruh proses dari
e-government. Artinya, pemimpin tidak saja harus pintar dalam hal penyusunan
konsep, tetapi harus juga menjadi motivator ulung pada fase
pelaksanaannya (action). Tanpa adanya unsur political
will,mustahil berbagai inisiatif pembangunan dan pengembangan e-government
dapat berjalan dengan mulus.
Sudah
umum bahwa budaya birokrasi cenderung bekerja berdasarkan model manajemen
top-down (paradigm klasik). Karena itu, dukungan implementasi program
e-government yang efektif harus dimulai dari para pimpinan pemerintahan yang
berada level tertinggi (Presiden, Gubernur, Walikota/Bupati). Dukungan yang
dimaksud disini lebih dari dukungan verbal semata, tetapi dukungan yang
diharapkan adalah dalam bentuk:
- Disepakatinya kerangka e-government sebagai salah satu kunci sukses negara dalam mencapai visi dan misi bangsanya, sehingga harus diberikan prioritas tinggi sebagaimana kunci-kunci sukses lain diperlakukan. Dengan disepakatinya kerangka tersebut secara bersama, maka tingkat resistensi dimungkinkan akan kecil.
- Dialokasikannya sejumlah sumber daya (manusia, financial, tenaga, waktu, informasi, dan lain-lain) di setiap tataran pemerintahan untuk membangun konsep ini dengan semangat lintas sektoral.
- Dibangunnya berbagai infrastruktur dan superstruktural pendukung agar terciptanya lingkungan kondusif untuk mengembangkan e-government (seperti adanya Undang-Undang yang jelas, ditugaskannya lembaga-lembaga khusus – misalnya e-Envoy atau DeTIKNas di Indonesia – sebagai penanggung jawab utama, disusunnya aturan main kerja sama dengan swasta dan lain sebagainya), dan
- Disosialisasikannya konsep e-government secara merata,kontinyu, konsisten, dan menyeluruh kepada seuruh kalangan birokrat secara khusus dan masyarakat secara jmum melalui berbagai kampanye yang simpatik.
2.
Kemampuan/Capacity
Kemampuan (“capacity”)
adalah adanya unsur kemampuan atau keberdayaan dari pemerintahan setempat dalam
mewujudkan e-government. Dalam hal ini ada tiga hal minimum yang paling tidak
harus dimiliki oleh suatu pemerintahan dalam rangka mengimplentasikan dan
membangun e-government, yaitu :
- Ketersediaan sumber daya yang cukup untuk melaksanakan berbagai inisiatif e-government, terutama yang berkaitan dengan sumber daya finansial
- Ketersediaan infrastruktur teknologi informasi yang memadai karena fasilitas ini merupakan 50% dari kunci keberhasilan penerapan konsep e-government
- Ketersediaan sumber daya manusia yang memiliki kompetensi dan keahlian yang dibutuhkan agar penerapan e-government dapat sesuai dengan asas manfaat yang diharapkan.
Perlu diperhatikan di
sini bahwa ketiadaan satu atau lebih elemen prasyarat tersebut di atas jangan
dijadikan alasan tertundanya sebuah usaha untuk menerapkan e-government.
Diusahakan agar pemerintah yang hendak mengimplementasikan e-government segera
mencari cara yang efektif agar dapat memiliki ketiga prasayarat tersebut di
atas, misalnya melalui usaha kerja sama dengan pihak swasta, merekrut SDM
terbaik dari sektor non publik, mengalihdayakan (outsourcing) berbagai
teknologi yang tidak dimiliki
3.
Nilai/Value
Elemen pertama dan kedua di atas merupakan dua buah aspek yang
dilihat dari sisi pemerintah selaku pihak pemberi jasa (sisi penyedia-supply
side). Pelaksanaan e-government tidak akan ada gunanya bila tidak ada pihak
yang diuntungkan, dalam hal ini yang menentukan besar tidaknya manfaat yang
diperoleh dengan adanya e-government bukanlah kalangan pemerintahan saja
melainkan masyarakat dan mereka yang berkepentingan (sisi permintaan-demand
side).
Karena itu pemerintah
dituntut agar bertindak teliti dan bisa memilih prioritas jenis aplikasi
e-government apa saja yang harus didahulukan pembangunannya agar benar-benar
memberikan value (manfaat) secara signifikan yang dapat dirasakan langsung oleh
masyarakatnya.
Perpaduan antara
ketiga elemen di atas akan membentuk sebuah nexus (pusat syaraf jaringan
e-government) yang akan menjadikan kunci sukses penjamin keberhasilan penerapan
e-Government.
Pembanguan
e-government telah dimungkinkan dengan adanya dasar dan kemajuan teknologi
informasi yang kokoh dan telah mencapai kemajuan yang terbaik dalam waktu yang
singkat. Hal terutama dari semuanya, pemerintah telah berhasil melakukan apa
yang disebut sebagai 'informatization' atau penggunaan teknologi informasi pada
semua proses pemerintahan, sebagai sebuah agenda yang krusial berdasarkan pada
rencana-rencana strategis dan berkelanjutan dan didukung dengan investasi yang
berkelanjutan.
Pada tahun 1980-an,
dasar pembangunan e-government telah dilaksanakan melalui digitalisasi pada
semua fungsi-fungsi utama pemerintah seperti administrasi, pendidikan,
keuangan, pertahanan dan kesejahteraan rakyat. Pada tahun 1990-an,
infrastruktur yang diperlukan untuk pembangunan masyarakat informasi telah
dipersiapkan melalui pembangunan sebuah jaringan informasi nasional
berkecepatan tinggi. Pada tahun 2000-an, efisiensi kerja administrasi dan
kualitas kehidupan masyarakat mengalami perbaikan melalui investrasi
proyek-proyek e-governmemnt yang intensif.
Langkah kedua
pembentukan dan manajemen sistem-sistem administrasi untuk mempromosikan
'informatization.'Semua instansi pemerintah secara eksklusif bertanggungjawab
terhadap informasi yang dibangun di kantor kepresidenan dan kantor perdana
menteri untuk memfasilitasi penerjemahan semua proyek berbasis IT kedalam
pelaksanaan, dengan segera dan secara efisien. Tahap ini telah membawa intansi
memainkan peran yang sama sekali baru yaitu sebagai penjaga-penjaga utama yang
mengawasi dan mengkoordinasikan semua kebijakan "informatization".
Undang-undang dan peraturan-peraturan yang relevan dibuat pada tahap awal-
pemerintah telah mengalokasikan anggran utuk mempromosikan TIK dengan membentuk
“Promotion Fund” pada 1996 untuk mendukung semua proyek utama informatization
atau penerapan teknologi e-government.
Sumber
http://riza46e.blogstudent.mb.ipb.ac.id/2013/12/23/faktor-kesuksesan-dan-kegagalan-sistem-informasi/
http://heri49e.blogstudent.mb.ipb.ac.id/2013/11/23/faktor-faktor-yang-mempengaruhi-kegagalan-dan-keberhasilan-sistem-informasi-pada-sebuah-perusahaan/
http://ricoherdiansyah85.blogspot.co.id/2013/06/elemen-elemen-sukses-e-government.html
http://ricoherdiansyah85.blogspot.co.id/2013/06/elemen-elemen-sukses-e-government.html
Komentar
Posting Komentar